Beranda
Workshop
Berita
Talent
Unduhan
Login
Register

Kategori Bisnis di PMW 2024 kategori KBMP

Broadcast

Mengacu pada Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha tentang kategori bisnis yang dapat diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Bandung, setidaknya ada enam kategori yang dapat diikuti diantaranya yaitu:

1. Budidaya
Proses budidaya bidang agrokomple (pertanian, tanaman pangan, horikultura, kehutanan, perkebunan, peternakan dan perikanan).
Contoh: pakan ternak, budidaya ikan air tawar/ laut, budidaya tanaman, peternakan, dsb.

2. Jasa Perdagangan
Meliputi aktivitas jual beli produk berupa barang (bahan setengah baku, setengah jadi, atau barang jadi) maupun jasa yang mengutamakan unsur inovasi dan kreativitas.
Contoh: cafe, restoran, jasa konsultasi, jasa desain grafis, jasa sewa pralatan, jasa fotografi, produk fashion, periklanan, dsb.

3. Kuliner
Produk makanan dan minuman baik dari bahan mentah, setengah jadi, maupun makanan dan minuman jadi. Produk makanan dan minuman yang diusulkan diutamakan menerapkan inovasi baik dalam aspek produk maupun manajemen usaha (produksi, pemasaran, dsb).
Contoh: makanan olahan, makanan beku, makanan siap saji, dsb.

4. Bisnis Digital
Kategori usaha di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah, mengintegrasikan proses bisnis yang menyajikan serta mengolah informasi dalam suatu sistem.
Contoh: marketplace, aplikasi pendidikan, aplikasi kesehatan, smart device, IOT, sosial media, AI, geographic information system (GIS), dsb.

5. Manufaktur & Teknologi Terapan
Manufaktur merupakan usaha yang dimulai dengan melakukan pembelian bahan baku, diproduksi dengan mesin secara masal sehingga tercipta barang jadi siap pakai. Teknologi Terapan merupakan usaha dengan menggunakan teknologi sehingga tercipta nilai ekonomi.
Contoh: pembuatan mesin, pembuatan kemasan, tekstil dan garmen, otomotif, perakitan, energi terbarukan, alat kesehatan, dsb.

6. Industri Kreatif, Seni, Budaya & Pariwisata
Proses penciptaan produk dan jasa yang menggunakan bahan baku lokal, inovatif dan memiliki nilai kreativitas yang dijadikan produk ekonomi dalam bidang industri kreatif, seni, budaya dan pariwisata.
Contoh: Produk kerajinan/ craft, lukis, tari, patung, kaligrafi, kerajinan kain lokal (batik, tenun, songket dan kain tradisional lainnya), tempat dan pertunjukan wisata, hiburan (musik, film, dsb).
 

Note: 

Bukan waralaba, reseller, titip jual, usaha keluarga atau orang lain. Produk yang diusulkan merupakan produk yang dikembangkan oleh mahasiswa.

Bukan dalam tahap riset, tim usaha dapat mengikuti program ini adalalh tim yang telah memiliki produk siap jual atau produksi terlepas dari telah memiliki rekam jejak transaksi penjualan atau belum.

 

#THEGAMECHANGER

©PMW 2024